MUDAHNYA MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN MENGULANG - ABAH ADAM

MUDAHNYA MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN MENGULANG



Bismillah..
Assalaamu’alaykum shob!

Saya ucapkan welcome sudah mampir ke sini.

Beberapa tahun yang lalu, sudah lama sekali rasanya saya berusaha menghafal Al-Qur’an mulai dari TK sudah mulai menghafal. Bahkan sebelum masuk TK pun saya sudah hafal al-fatihah sama TriQul (Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas).

Waktu itu zaman TK atas takdir Alloh dimasukkan di TK islam, Tentunya yang di ajarkan bukan hanya membaca dan menghitung apalagi bernyanyi dan joged-joged. Tapi diajarkan bagaimana bacaan sholat, doa sehari-hari (mulai dari bangun hingga tidur), menghafal surat pendek dan pendidikan yang tentukan akan berkesan nanti.

Setelah begitu lamanya menghafal bukan berarti saya sudah hafal semua, bukan berarti tidak dapat apa-apa. saya sedang berusaha untuk bisa menghafalnya dengan tenang.

Menghafal Al-Qur’an itu sangat lah menyenangkan, karna setiap huruf yang kita baca itu adalah pahala. Bagaimana dengan satu kalimat, ayat bahkan halaman.
Begitu juga ketika menghafalnya tidak perlu ada fikiran bahwa Al-Qur’an itu sulit, karna Alloh telah berfirman dalam surat QS. Al-Qamar: 17, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” 

Bagaimana rasanya kalau saudara kita bercakap seperti ini.


Jadi, kali ini bukan untuk nyeritain pengalaman saya ngafal Al-Qur’an melainkan untuk berbagi tips mudah menghafal.

Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah menyadari pentingnya firman yang Masa Esa, kita harus yakin dengan berpegang teguh kepada firman-Nya kita akan diberika kemudahan dunia-akhirat dan harus mengetahui betapa pentingnya mempelajari dan mengahafal Al-Qur’an.

Kemudian, membentuk niat yang kuat untuk menghafal. Niat itu untuk Alloh semata tidak untuk yang lain.


Sebisa mungkin Al-Qur’an yang kita pakai ada terjemahannya dan jangan gonta-ganti selama menghafal. Dan bagi kalian yang belum punya bisa klik aja >disini< gratis.



jadi seperti ini shob metode yang biasa saya lakukan untuk menghafal. karna dengan mengulang kita bisa mengingatnya lebih lama, seperti hal nya kita menghafal surat Al-Fatihah.

oh iya lebih detailnya.
jadi setiap 5 ayat setelahnya kalian bisa membaca dan mengulangnya mulai dari awal sampai ayat terakhir yang kita hafal.

Selamat mencoba yaa dan selalu istiqomah. 

5 comments:

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Note: only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.